Siapa yang laptopnya sering mengalami hang atau ngehang? Hal ini merupakan salah satu masalah klasik laptop. Biasanya, banyak dijumpai pada laptop yang sudah berumur dan sering dipakai untuk menjalankan program-program yang terlalu berat.

Laptop yang mengalami hang menjadi tanda bahwa sistem di dalamnya sedang bermasalah. Jika sudah seperti itu, semua pekerjaan atau kegiatan di depan laptop bisa terhambat.

Nah, artikel kali ini akan mengulas bagaimana cara memperbaiki laptop hang tanpa perlu membawanya ke tempat servis. Penasaran? Simak tips di bawah ini sampai tuntas, ya!

Cara Mengatasi Laptop yang Hang

Hapus BIOS Cache

Cara pertama untuk memperbaiki laptop hang dan bisa dikatakan paling efektif ialah dengan melalui BIOS. Berikut langkah-langkahnya.

  • Ketika hang, segera lakukan ‘Restart’ laptop. Jika tidak bisa, lakukan ‘Force Shutdown’ dengan menekan dan menahan tombol power.
  • Setelah mati, nyalakan kembali laptop dan segera masuk ke BIOS. Ada beberapa cara untuk masuk ke BIOS, di antaranya menggunakan F12, F11, F8, F2 atau tombol lain sesuai merk laptop.
  • Jika sudah berhasil masuk, silakan pilih menu ‘Advanced BIOS Features’.
  • Cari yang ada kaitannya dengan ‘BIOS Cache’. Kemudian disable.
  • Terakhir, simpan lalu klik ‘Enter’ dan nyalakan lagi.

Cara satu ini juga biasanya digunakan sebagai salah satu cara mengatasi laptop yang hang ketika dinyalakan.

End Task Window

Jika hang yang laptop alami merupakan not responding, maka gunakan cara di bawah ini (untuk Windows 10):

  • Tekan bersamaan tombol ‘Shift+CTRL+Esc’ atau ‘CTRL+Alt+Del’.
  • Setelah masuk ke Task Manager, tekan ‘End Task’ pada program yang mengalami not responding.

Biasanya, setelah melakukan cara di atas, laptop akan kembali berjalan normal. Namun, jika masih ngehang, mungkin saja persoalannya ada pada program yang rusak atau laptop tidak kuat. Bila hal ini terjadi, maka segera hentikan sebelum merusak bagian laptop yang lain.

Install Antivirus

Salah satu penyebab laptong hang ialah berasal dari virus yang ada pada laptop. Virus tersebut biasanya datang dari flashdisk atau download sesuatu di internet dengan sumber yang tidak jelas.

Apabila virus sudah menyebar, laptop akan sering lemot atau mengalami hang. Oleh karena itu, lengkapi laptop dengan menginstall Antivirus. Di antaranya McAfee, MalwareBytes, SmadaV, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki laptop hang tanpa harus pergi ke tempat servis. Solusi laptop hang yang lain bisa Anda lihat juga di situs divrencomputer.com. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *