Tips Sukses Bisnis Ikan Hias – Apabila ingin memulai sebuah bisnis, Anda bisa mencoba untuk berbisnis ikan hias. Di masa pandemi seperti sekarang, permintaan ikan hias sebagai peliharaan atau hiasan untuk memperindah dekorasi rumah semakin meningkat.

Bisnis yang cukup berisiko karena pangsa pasar yang terfokus ini, membuat banyak orang belum banyak memilih bisnis ikan hias. Padahal, bisnis satu ini tidak kalah menjanjikan. Bahkan, omzet yang bisa Anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Berikut ini merupakan beberapa tips sukses bisnis ikan hias dengan modal kecil namun tetap menguntungkan yang BisnisLagi.com rangkum dari beberapa sumber. Yuk simak bersama-sama!

Menentukan Jenis Ikan Hias dan Target Pasar

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis ikan hias sekaligus menetapkan target pasar. Biasanya, konsumen dari ikan hias ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, semua itu tergantung dari jenis ikan hias yang Anda jual.

Apabila modal Anda masih terbatas, sebaiknya Anda menjual ikan hias dari harga yang paling murah sebagai awalan. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat pengeluaran Anda di awal-awal bisnis.

Peralatan Usaha yang Dibutuhkan

Saat mulai berbisnis ikan hias, Anda juga perlu menyiapkan berbagai peralatan yang Anda butuhkan. Seperti akuarium, kolam pemeliharaan, jaring, pompa air, selang dan wadah, penyaring kotoran, tabung oksigen, terpal hingga timba sebagai aksesoris agar memperindah akuarium.

Anda tidak wajib membeli semua peralatan tersebut sekaligus. Beli peralatan penting terlebih dahulu, dan peralatan lain bisa Anda beli seiring berkembangnya bisnis Anda. Ini menjadi salah satu tips sukses bisnis ikan hias.

Menentukan Lokasi Usaha

Berikutnya, adalah menentukan lokasi usaha. Pilih lokasi yang strategis dan mudah orang-orang akses. Anda bisa juga membuat lokasi usaha dengan semenarik mungkin, agar orang tertarik untuk datang berkunjung.

Untuk meminimalisir budget, Anda bisa menggunakan lahan depan rumah atau menyewa ruko/kios dengan harga sewa yang murah. Pastikan lokasi tersebut strategis agar lebih mudah orang cari.

Belajar Mengenai Ikan Hias

Dalam berbisnis ikan hias, Anda juga perlu mempelajari berbagai hal mengenai budidaya ikan hias, seperti cara membeli bibit, perkembangbiakannya, hingga memberi pangan yang benar. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kegagalan dan mengembangkan bisnis menjadi lebih sukses.

Nah, demikianlah beberapa tips sukses bisnis ikan hias bagi pemula. Jangan lupa lakukan promosi, ya!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *