Sebuah proyek tidak akan berjalan lancar apabila tidak ada project manager. Project manager sendiri merupakan seseorang yang menjadi pemimpin sebuah proyek yang penting. Oleh karena itu, posisi tersebut memiliki peranan yang penting sebagai orang yang menentukan kesuksesan sebuah proyek yang tengah perusahaan kerjakan.

Project manager atau manajer proyek ini memegang peran penting dalam hal perencanaan, eksekusi, pengawasan, pengendalian dan juga penutupan proyek. Jadi, tanggung jawabnya mulai sejak awal hingga paling akhir proyek. Tentunya, posisi ini juga bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek.

Apabila proyek tersebut berhasil, perusahaan jelas akan memperoleh keuntungan atau hasil yang diinginkan. Begitu pun sebaliknya, maka seorang manajer proyek harus mampu menerima dan juga mengantisipasi hal semacam ini.

Tanggung jawabnya yang besar, membuat kamu harus mempunyai kemampuan atau skill tertentu sebagai seorang project manager. Terlebih jika sudah memiliki sertifikasi Project Management Ready. Skill yang telah diakui ini akan sangat berguna untuk menghadapi segala permasalahan yang muncul ketika menyusun sebuah proyek.

Skill yang Harus Dimiliki Project Manager

Komunikasi

Komunikasi menjadi salah satu skill penting bagi seorang project manager. Kamu harus lebih mahir dalam mengutarakan pendapat dan menyampaikan pesan-pesan penting. Sebab, tidak hanya berhubungan dengan anggota tim, kamu pun akan berhubungan dengan klien proyek.

Seorang project manager yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pasti bisa menyampaikan visi, tujuan dan permasalahan yang ada untuk menyukseskan suatu proyek.

Kepemimpinan

Sebagai pemimpin dari sebuah proyek, jelas kamu harus mampu memimpin dengan baik. Ketahui dengan baik bagaimana cara mengarahkan anggota tim untuk mengerjakan tugas yang harus mereka selesaikan, memotivasi, dan membuat membuat mereka mampu menyelesaikan proyek tepat waktu.

Manajemen Risiko

Setiap proyek pastinya memiliki risiko yang bisa terjadi dan mungkin membuat proyek tersebut tidak berhasil. Oleh karena itu, kamu sebagai project manager haruslah memiliki kemampuan manajemen risiko.

Kemampuan ini akan membantumu dalam memperkirakan titik mana saja yang sekiranya mempunyai risiko kegagalan yang tinggi. Sehingga, kamu bisa memikirkan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Masih banyak lagi skill penting Project Manager, di antaranya manajemen tim dan waktu, memahami teknologi, negosiasi, dan sebagainya. Agar skill kamu semakin terasah, maka penting sekali untuk mengikuti sertifikasi Project Management Ready yang ditawarkan oleh MyEduSolve.

Melalui perusahaan edutech MyEduSolve ini, kamu bisa terlebih dahulu belajar dan praktek dengan mengakses Courseware dan MeasureUp sebelum nantinya mengikuti ujian sertifikasi. Kamu pun bisa mengikuti ujian di mana saja dan kapan saja asalkan tersambung dengan internet yang stabil. Sertifikasi ini nantinya akan berlaku untuk seumur hidup.

Setelah memiliki sertifikasi Project Management Ready, kredibilitasmu akan naik di mata perusahaan dan klien, sehingga setiap proyek yang ada bisa kamu kerjakan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *