Nama merupakan identitas seumur hidup yang sangat penting bagi pemiliknya. Oleh sebab itu, setiap orang tua menginginkan nama bayi yang terbaik untuk calon buah hatinya.

Memilih nama yang baik dan bermakna memang sangat membingungkan, sehingga tidak jarang orang tua akan berbeda pendapat untuk menentukannya. Perlu diketahui bahwa dalam memilih nama harus ada berbagai hal yang dipertimbangkan agar tidak menyesal ke depannya.

Salah satu pertimbangan yang perlu difikirkan adalah jenis kelamin. Tentu saja, nama untuk bayi laki-laki akan berbeda dengan nama bayi perempuan. Berikut kami berikan beberapa tips untuk memudahkan para orang tua menentukan nama bayi.

Memilah daftar pilihan

Anda bisa memcari referensi mengenai nama bayi di buku atau internet. Sebelum memilih nama yang terbaik, Anda perlu menandai nama yang dianggap menarik dan disukai. Setelah ada beberapa nama bayi, Anda bisa mendiskusikannya bersama keluarga atau teman untuk membantu menentukan pilihan.

Memperhatikan arti

Nama adalah identitas yang akan selalu melekat pada diri anak sehingga nama yang diberikan sebaiknya mengandung arti yang baik. Perhatikan kebudayaan sekitar, identifikasi nama-nama yang mungkin dilarang atau tidak dianjurkan untuk diberikan pada bayi.

Memperhatikan panggilan

Orang tua harus memperhatikan nama panggilan yang diberikan kepada anak. Jangan sampai nama panggilan tersebut dapat membuat orang lain kesulitan menyebut atau bahkan bisa menjadikan bahan ejekan teman-teman anak. Usahakan nama panggilan yang mudah diucap, diingat, dan baik.

Memperhatikan inisial

Pemilihan nama anak memang harus sangat teliti. Salah satu yang harus diperhatikan adalah inisial nama. Jangan sampai inisial nama anak dapat memungkinkan anak menjadi korban perundungan atau ejekan teman-temannya.

Mempertimbangkan keunikan

Orang tua akan senang jika bayinya memiliki nama yang unik karena dinilai berbeda dari orang lain. Akan tetapi, jangan sampai nama yang diberikan menjadi aneh dan menyulitkan orang lain untuk mengucapkan.

Memperhatikan kemudahan ejaan

Nama yang diberikan akan menjadi identitas dalam dokumen-dokumen penting. Kesalahan dalam menulis nama akan menjadi masalah yang fatal. Selain itu, kesalahan mengeja nama yang terjadi berulang kali akan membuat Anda bosan memperbaikinya.

Diskusi dengan pasangan

Penentuan nama anak ini sebaiknya didiskuiskan bersama pasangan Anda. Nama yang dipilih adalah nama yang disepakati oleh Anda dengan pasangan.

Hal ini dikarenakan nama merupakan sebuah doa terbaik dari orang tua untuk anaknya. Berdikusi dengan pasangan akan memperkecil risiko pertengkaran dalam rumah tangga dan meningkatkan kebahagiaan bersama.

Mempertimbangkan nilai budaya atau agama

Apabila hasil dari diskusi bersama pasangan adalah memberikan nama bayi sesuai dengan budaya atau tradisi keluarga. Maka, sebaiknya nama anak menggunakan pola penamaan yang sama dengan anggota keluarga lain untuk menanamkan nilai sejarah keluarga dalam nama tersebut.

Pada umumnya, nama keluarga tersebut diletakkan pada bagian paling belakang. Penamaan semacam ini dapat bertujuan sebagai penghormatan kepada anggota keluarga yang sudah meninggal, menghormati leluhur, dan mempertahankan inisial keluarga.

Selain itu, nama juga dapat ditentukan berdasarkan agama atau kepercayaan. Tentu pemilihan ini sangat banyak dilakukan oleh para calon orang tua. Orang tua akan memilih nama tokoh dalam kepercayaannya yang diyakini memiliki arti spiritual yang positif.

Demikianlah beberpa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menentukan nama untuk calon buah hati Anda. Jika Anda masih bingung membuat daftar nama pilihan, Anda bisa melihat review nama bayi dengan mengunjungi website www.sehatq.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *